Jumat, 01 Juni 2012

Cara Memanfaatkan Facebook Untuk Bisnis Online

Apakah Anda adalah pengguna facebook? Kalau iya, apakah Anda sudah memanfaatkan facebook dengan maksimal, atau hanya untuk update status? Banyak orang yang tidak tau bahwa selain bisa di gunakan sebagai tempat bersosialisasi didunia maya, facebook juga ternyata bisa digunakan sebagai tempat jualan online. Tidak percaya kan, itu karena mungkin salama ini Anda hanya menggunakan facebook tanpa memperhatikan sisi bisnisnya. Tapi bagi yang pintar dan memiliki jiwa bisnis, facebook justru menjadi tempat bisnis online yang memiliki prospek yang bagus.







Bagaimana memanfaatkan facebook sebagai toko online? Kalau Anda memiliki produk-produk bagus yang mungkin tidak laku Anda jual secara offline, mungkin kini saatnya Anda untuk mencoba lewat online dengan menggunakan toko online gratis, yaitu facebook. Caranya pun saya pikir cukup mudah dan hampir semua orang saya yakin bisa melakukan ini. Tinggal bagaimana Anda, mau atau tidak mau! Kalau Anda yang belum tau, saya akan kasih tau caranya dan saya yakin dengan sekali lihat Anda pasti tau atau mungkin Anda sudah tau cuma memang belum tau memanfaatkannya.

Cara memanfaatkan facebook jadi toko online :
  1. Sebelum Anda masuk ke facebook dan memasang produk Anda disana, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah, foto semua produk yang Anda punyai atau barang yang akan Anda jual di facebook.
  2. Buatlah nomor rekening terlebih dahulu kalau Anda belum punya nomor rekening, kalau sudah punya berarti lewati saja tahap ini.
  3. Punya HP, ini adalah salah satu hal penting agar calon pembeli bisa SMS saat melakukan pemesanan sebagai tindak lanjut dari apa yang sudah dilihatnya di foto yang sudah Anda upload. Selain itu, no hp juga berfungsi untuk tempat confirmasi pembayaran.
  4. Kalau semua sudah siap, sekarang tiba saatnya Anda upload semua foto-foto produk yang sudah Anda foto ke facebook. Supaya lebih mudah, kelompokkan foto-foto produk Anda dalam satu album terpisah. Contohnya, kalau Anda menjual sepatu dan tas, usahakan foto sepatu dan tas berdiri sendiri salam album yang berbeda, jangan di satukan dalam satu album supaya pembeli lebih mudah memilihnya. Jangan lupa untuk memberi label pada foto-foto Anda, seperti harga, ukuan, dan semua informasi yang berhubungan dengan produk tersebut.
  5. Yang terakhir adalah, Anda tinggal share foto-foto Anda di wall Anda dan toko online Anda sudah berjalan. Tips dari saya, perbanyaklah teman Anda, karena makin banyak teman semakin besar peluang produk Anda untuk laku cepat.
Okey, itu saja beberapa tips dari saya mengenai bagaimana cara memanfaatkan facebook sebagai toko online gratis….tisss!!! Bagiamana, tertarik untuk mempraktekkannya? Daripada facebook hanya Anda gunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat, lebih baik untuk bisnis, iya kan! Ayo silahkan di coba, kalau berhasil kasih tau saya ya he…he…!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar